Berapa Kali Kita Bernapas Dalam Sehari

Berapa Kali Kita Bernapas Dalam Sehari ? Setiap hari kita menarik nafas sekitar 23.000 kali. Ketika selesai beraktivitas berat, kita bisa bernapas sekali dalam satu detik. Saat tidur kita bernapas sekali setiap tiga atau empat detik. 

Bernapas adalah kegiatan menghirup udara beroksigen dan mengeluarkan gas gas sisa yang berupa karbondioksida dan uap air. Bagian-bagian tubuh yang bekerja sama untuk menjalankan tugas pernapasan disebut system pernapasan. 


System pernapasan terdiri dari hidung, batang tenggorokan, pipa udara atau bronkus di dada, dan paru-paru. Hidung berfungsi sebagai jalan masuk udara segar dari luar ke paru-paru, dan sebagai jalan keluar bagi sisa sisa pernapasan dari paru-paru.

Dalam hidung terdapat rambut rambut yang berfungsi menyaring udara dari debu-debu dan kuman. Lapisan yang lunak dan basah dalam hidung membuat udara yang masuk menjadi lembab dan hangat, sehingga baik untuk paru-paru.

Dari hidung, udara masuk ke paru-paru melalui bronkus. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran gas yang masuk dan yang keluar dari tubuh. Paru paru akan menyaring oksigen dari udara yang masuk. Paru-paru hanya bisa menyaring oksigen dari tempat hidup manusia, yaitu udara yang ada di darat. Paru paru akan mengalami gangguan jika harus menyaring oksigen dari air. Karena itulah kita tidak dapat bernapas di dalam air.

Selain menyaring oksigen dari udara yang masuk, paru-paru juga menerima karbondioksida dan uap air yang merupakan zat sisa pernapasan, karbondioksida dan uap air ini selanjutnya dikeluarkan dari tubuh melalui embusan napas. Proses menghirup udara beroksigen dan mengembuskan zat-zat sisa inilah yang dinamakan bernapas.

Fakta - Berapa Kali Kita Bernapas Dalam Sehari

2 Responses to "Berapa Kali Kita Bernapas Dalam Sehari "

  1. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    ReplyDelete